Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare (TPS) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) Di MAS AlWasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019

Lubis, Halisma (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-PairShare (TPS) Dan Student Teams Achievement Division (STAD) Di MAS AlWasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
HALISMA LUBIS (NIM. 35154196).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Di MAS Al-Wasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al-Wasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang yang terdiri atas 4 kelas yang berjumlah 125 siswa, sedangkan sampelnya 30 siswa untuk kelas eksperimen 1 dan 30 siswa untuk kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang terdiri dari 5 soal berbentuk uraian so al dan angket aktivititas belajar matematika yang terdiri dari 8 pernyataan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Pada hipotesis pertama diperoleh nilai Rata-rata = 66,6, SD = 11,729 dikelas eksperimen 1 dan Rata-rata = 61,533, SD = 10,477 dikelas eksperimen 2 dengan thitung 2,246 t tabel 2,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD di MAS Al-Wasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang, pada hipotesis kedua diperoleh nilai Rata-rata = 71,567, SD = 12,673 dikelas eksperimen 1 dan Rata rata = 65,9 , SD = 7,906 dikelas eksperimen 2 dengan thitung 2,088 t tabel 2,001 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD di MAS Al-Wasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang, dan hipotesis ketiga diperoleh nilai Ratarata = 69,083 , SD = 12,362 dikelas eksperimen 1 dan Rata-rata = 63,717, SD = 9,462 dikelas eksperimen 2 dengan thitung 2,725 t tabel 1,980 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperat if tipe TPS dan STAD di MAS Al-Wasliyah 22 Tembung Kab. Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ThinkPair-Share (TPS) dan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:04
Last Modified: 09 Mar 2020 03:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8540

Actions (login required)

View Item View Item