Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MIN Sei Agul Medan Denai

Harahap, Putriana (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MIN Sei Agul Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PUTRIANA HARAHAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sementara yang dilakukan oleh peneliti di MIN Sei Agul Kec. Medan Denai memiliki hasil yang tidak memuaskan dan ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa belum mencapai target sebesar 80%. Nilai KKM pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu 75. Penelitian bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Word Square, (2) Mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Word Square, dan (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi penelitian ini berjumlah 103 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa/i di kelas V. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling atau sampel acak sederhana. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signitifikan pada model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN Sei Agul kec. Medan Denai pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,766 dan ttabel = 1,666, dengan demikian membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,766 > 1,666. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan model word square dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Model Pembelajaran Model Word, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:46
Last Modified: 06 Mar 2020 08:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item