Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative dan Kontekstual (CTL) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Program Linier di Kelas XI IPA MAS Al Ikhlas Bah Jambi TP. 2019-2020.

Fitri, Mawaddatul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative dan Kontekstual (CTL) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Program Linier di Kelas XI IPA MAS Al Ikhlas Bah Jambi TP. 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI MAWADDATUL FITRI.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaraan Cooperative dan Kontekstual (CTL) materi pokok program linier kelas XI IPA MAS Al Ikhlas Bah Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS Al Ikhlas Bah Jambi tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang masing-masing berjumlah 25 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan koneksi matematis dan koneksi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dan kemudian dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Pengaruh kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative lebih baik dibanding siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kontekstual dengan Fhitung = 11,811 > Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 4,241; 2) Pengaruh kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative lebih baik dibanding siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kontekstual dengan Fhitung = 5,22248 > Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 4,03431; 3) Pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative tidak lebih baik dibanding siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kontekstual dengan Fhitung = 6,65 > Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 4,03431; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Fhitung = 0, 0276 < Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 4,241. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis siswa memiliki pengaruh diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative dan Kontekstual (CTL)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Koneksi Matematis, Cooperative dan Kontekstual (CTL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:04
Last Modified: 06 Mar 2020 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item View Item