Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Swasta Islam Proyek UISU Siantar

Siregar, Halimatussa’diah (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Swasta Islam Proyek UISU Siantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HALIMATUSSA'DIAH SIREGAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada pokok bahasan himpunan, hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada pokok bahasan himpunan, peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada pokok bahasan himpunan, proses penerapan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada pokok bahasan himpunan, dan respon siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada pokok bahasan himpunan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus. Siklus penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, siklus I dilakukan 3 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Teknik analisis data dari penelitian dilakukan dengan cara menghitung ketuntasan hasil belajar matematika melalui tes, mengamati aktifitas mengajar guru dan aktifitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) belum mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan pada hasil tes awal yang diberikan kepada 40 orang siswa hanya terdapat 12 orang siswa (30 %) yang tuntas belajar dan 28 orang siswa (70 %) yang tidak tuntas belajar. Setelah diterapkan model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ), mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh 23 orang siswa (57,5 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 17 orang siswa (42,5 %) yang tidak tuntas belajar. Pada siklus II diperoleh 35 orang siswa (87,5 %) yang telah mencapai ketuntasan dan 5 orang siswa (12,5 %) yang tidak tuntas belajar. Berdasarkan observasi aktifitas mengajar guru pada siklus I kategori “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi “sangat baik”. Sedangkan respon siswa belajar siswa pada siklus I kategori “baik” dan pada siklus II kategori “sangat baik”. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start a Qestion (LSQ) pada materi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Swasta Islam Proyek UISU Siantar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Learning Start a Question (LSQ)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:08
Last Modified: 27 Feb 2020 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item