Pengembangan Modul Matematika Berbasis Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear.

Maulianti, Putri (2019) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan produk Modul Matematika yang berbasis cooperative learning tipe TPS (Thinks Pair Share) mengacu pada peningkatan hasil belajar siswa. Materi ajar yang disajikan dalam perangkat pembelajaran ini adalah sistem persamaan linear untuk peserta didik kelas X MA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas XB MA PP Darul Hikmah TPI Medan. Prosedur pengembangan modul matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminste), yang melalui tahapan: tahap pendefenidian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan, tahap peyebaran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar penilaian pelaksanaan pembelajar dan angket responsive siswa untuk mengukur keefektifan modul matematika. Modul matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid. Berdasarkan skor rata-rata validasi modul yaitu 4,1 dengan katagori Layak. Penilaian pelaksanaan pembelajaran yaitu berada pada kategori telah terlaksana dengan baik dan persentase respon positif peserta didik yang berada pada tingkat sangat baik, yaitu 84,12%. Modul matematika telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan skor ketuntasan belajar yaitu 0,5.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:31
Last Modified: 27 Feb 2020 02:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item