Pengembangan Alat Peraga Geometri Berbasis Tangram Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Di Mts Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis TP. 2019/2020

Megawati, Rifnatul Fauziah (2019) Pengembangan Alat Peraga Geometri Berbasis Tangram Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Di Mts Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis TP. 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIFNATUL FAUZIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru, tidak tersedianya alat peraga, dan nilai kreativitas belajar yang masih rendah membuat suasana kelas kurang menyenangkan dan akhirnya mengantuk. Alat peraga tangram merupakan salah satu permainan edukatif yang bisa meningkatkan kreativitas khususnya dalam materi geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga geometri berbasis tangram untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika. Materi ajar yang disajikan dalam pengembangan ini adalah bangun datar kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VII-C MTs Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis. Prosedur pengembangan alat peraga geometri dalam penelitian ini mengacu pada Research and Development dengan model pengembangan 4-D, yang melalui tahapan: Define (tahap pendefinisian), Design (tahap rancangan), Develop (tahap pengembangan), dan Disseminate (tahap penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, isi angket dan tes uji terbatas kepada 29 siswa. Semua istrumen yang digunakan telah melalui tahap validasi oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis ahli alat peraga geometri berbasis tangram dan analisis ahli soal tes memperoleh rerata 3,7 dan 3,8 sehingga masuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75,86%, maka hasil pengembangan alat peraga geometri berbasis tangram dinyatakan tuntas. Sedangkan tingkat keefektifan dengan menggunakan rumus N-Gain mencapai skor 0,3 dengan kategori “sedang”. Dengan demikian, pengembangan alat peraga geometri berbasis tangram termasuk efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:31
Last Modified: 27 Feb 2020 02:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8392

Actions (login required)

View Item View Item