Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat Tahun Ajaran 2018/2019

Hasibuan, Gustina Ayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
GUSTINA AYU HASIBUAN (35153072).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Secanggang yang terdiri dari 7 kelas, sedangkan sampelnya 33 siswa kelas eksperimen 1 dan 33 siswa kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan terdiri dari; tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data dilakukan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan : 1)Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep yang diajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning pada materi perbandingan trigonometri. 2) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning pada materi perbandingan trigonometri. 3) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning pada materi perbandingan trigonometri. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa lebih sesuai diajarkan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah daripada model Pembelajaran Discovery Learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:30
Last Modified: 27 Feb 2020 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item View Item