Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematika Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Antara Yang Diajarkan Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion Dan Make A Match Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 7 Binjai TA. 2018/2019

Sardiyanti, Ridha (2019) Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematika Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Antara Yang Diajarkan Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion Dan Make A Match Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMA Negeri 7 Binjai TA. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match di kelas XI SMA Negeri 7 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis vaian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan : 1). Kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 7 Binjai; 2). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistics Mathematic Education pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 11 Medan; 3). Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistics Mathematic Education pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 11 Medan; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematika siswa pada materi turunan fungsi. Smpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Berpikir Kritis danPemecahan Masalah Matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together dari pada Model Pembelajaran Realistics Mathematic Education.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:56
Last Modified: 24 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8372

Actions (login required)

View Item View Item