Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stray Two Stay dan Model Pembelajran Problem Based Learning Materi Trigonometri Kelas X SMAN 1 Stabat T.P 2018/2019

Masyhura, Aghnaita (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stray Two Stay dan Model Pembelajran Problem Based Learning Materi Trigonometri Kelas X SMAN 1 Stabat T.P 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGHNAITA MASYHURA-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan model pembelajaran problem based learning. 2) Perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan model pembelajaran problem based learning. 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan model pembelajaran problem based learning. 4) Interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat T.P 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dan 2 kelas dan berjumlah 72 siswa yang dijadikan sampel pada penelitian yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada pada meteri Trigonometri dengan FHitung = 4,542 dan nilai pada Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,978; 2). Tidak Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada meteri Trigonometri dengan FHitung = 0,293 dan nilai pada Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,978; 3).Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada pada meteri Trigonometri dengan FHitung = 5,851 (model pembelajaran) dan nilai FHitung = 8,228 dan nilai pada Ftabel pada taraf (α = 0,05) =3,974; 4). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Trigonometri dengan FHitung = -2,924 dan Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,974.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Feb 2020 01:43
Last Modified: 24 Feb 2020 01:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8355

Actions (login required)

View Item View Item