Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dan Talking Stick Pada Materi Program Linear Di Kelas XI SMA Negeri 1 Merbau T.A 2019/2020

Suwartik, Runi (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dan Talking Stick Pada Materi Program Linear Di Kelas XI SMA Negeri 1 Merbau T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RUNI SUWARTIK_35154199.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan Talking Stick pada materi Program Linear di kelas XI SMA Negeri 1 Merbau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Merbau T.A 2019/2020 yang berjumlah 7 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas adalah kelas XI MIPA-2 dan XI MIPA-3 yang berjumlah 30 orang siswa pada masing-masing kelas. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick pada materi Program Linear. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai thitung dan ttabel yaitu thitung 36,3619 > ttabel 3,923. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write dan Talking Stick pada materi Program Linear. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai thitung 15,8431 > ttabel 4,007. 3) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write dan Talking Stick pada materi Program Linear. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai thitung 21,051 > ttabel 4,007.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:59
Last Modified: 23 Sep 2020 03:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item View Item