Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Islam Terpadu Khalishaturrahmi Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019

Afri, Lisa Dwi (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Islam Terpadu Khalishaturrahmi Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Penelitian Mandiri Jabatan Fungsional OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk melihat perkembangan dan perbedaan kemampuan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan The Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Khalishaturrahmi Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dipilih dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan adalah catatan lapangan dan tes kemampuan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa menunjukkan perkembangan yang semakin baik pada setiap pertemuan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:36
Last Modified: 13 Feb 2020 01:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8289

Actions (login required)

View Item View Item