Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lks Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Materi Vektor Kelas X Sma Negeri 1 Kutacane Tahun 2018/2019

Nasution, Safrina Rizkia (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lks Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Materi Vektor Kelas X Sma Negeri 1 Kutacane Tahun 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Bebasis Masalah (PBM) Kelas X SMA Negeri 1 Kutacane materi vektor. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutacane, berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,05 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,23 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 3,67 dari maksimal 5,00 dengan kriteria baik dan persentase rata-rata lembar observasi keterlaksanaan kegiataan pembelajaran yaitu 89,72% dengan kriteria baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil pretest dan post-test dengan peningkatan persentase ketuntasan dari 8% menjadi 81% dengan kriteria sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:51
Last Modified: 11 Feb 2020 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item