Perbedaan Model Pembelajaran Direct Instruction Dan Snowball Drilling Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistempersamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X MAS Expgaproyek Univa Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Nasution, Rafida Tsani (2019) Perbedaan Model Pembelajaran Direct Instruction Dan Snowball Drilling Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistempersamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X MAS Expgaproyek Univa Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAFIDA TSANI .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Isntruction dan Snowball Drilling pada materi (SPLTV) di kelas X MAS Proyek UNIVA Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAS Proyek UNIVA Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-MIA 1 (kelas eksperimen I) dengan strategi pembelajaran Direct Instruction yang terdiri dari 30 siswa dan kelas X MIA 2 (kelas eksperimen II) dengan strategi pembelajaran Snowball Drilling yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan memberikan angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan angket dan tes hasil belajar dengan ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Isntruction dan strategi pembelajaran Snowball Drilling pada materi SPLTV, (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Isntruction dan strategi pembelajaran Snowball Drilling pada materi SPLTV. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Direct Isntruction lebih banyak berkontribusi terhadap hasil belajar pada materi SPLTV kelas X MAS Proyek UNIVA Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:50
Last Modified: 11 Feb 2020 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item