Fitriana, Fitriana (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Tipe Students Teams Achievement Division Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
PDF Fitriana.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditentukan oleh kemampuan berpikir dan variansi jawaban siswa terhadap matematika. Kemampuan pemecahan masalah dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan kelompok tes awal-akhir secara acak. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini secara acak kelompok yakni kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas TGT dan siswa kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas STAD. Instrumen penelitian ini menggunakan tes awal dan tes akhir. Analisis data menggunakan uji-t telah terpenuhi prasyarat sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dengan varians yang homogen baik pada tes awal maupun tes akhir. Pertama, hasil tes awal menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model TGT dan STAD. Kedua, hasil tes akhir menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan model pembelajaran TGT adalah 137,867 dengan simpangan baku 36,7 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan model pembelajaran STAD adalah 106,567 dengan simpangan baku 22,6. Kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan TGT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan STAD.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 07:08 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 07:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8225 |
Actions (login required)
View Item |