Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa kelas VII MTs Amin Darussalam Bandar Setia

Dalimunthe, Nurhamida Br (2019) Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa kelas VII MTs Amin Darussalam Bandar Setia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Nurhamida.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membaca teks bahasa Arab. Strategi yang digunakan adalah cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII-4 MTs Amin Darussalam Bandar Setia dengan penerapan strategi pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar kerja siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 sebanyak 39 siswa. Dari tindakan awal (pre test) di kelas VII-4 persentase ketuntasan klasikal diperoleh 25,64% (10 siswa). Setelah dilakukan tindakan pengajaran menggunakan strategi cooperative integrated reading and composition (CIRC), hasil belajar siswa pada siklus I hasil dengan persentase ketuntasan klasikal diperoleh 58,97% (23 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, jadi pada siklus II hasil persentase ketuntasan klasikal diperoleh 79.49% (31 siswa). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa dengan menggunakan strategi cooperative integrated reading and composition (CIRC) di kelas VII-4 MTs Amin Darussalam Bandar Setia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Feb 2020 09:32
Last Modified: 04 Feb 2020 09:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8198

Actions (login required)

View Item View Item