Pengaruh Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 28 Kecamatan Medan Timur T.A 2018/2019

Gultom, Siti Kholila (2019) Pengaruh Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 28 Kecamatan Medan Timur T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi satuan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh Model Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 28 Kecamatan Medan Timur T.A 2018/2019. .Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas IV SD Muhammadiyah 28 Medan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa, dan kelasI VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Muhammadiyah 28 Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan pengaruh Model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA Siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pengaruh Model Explicit Instruction adalah 85,90. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 66. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung>ttabel , yaitu 4,877 > 1,717.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Feb 2020 09:32
Last Modified: 04 Feb 2020 09:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item