Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kecemasan Berbicara Siswa MTsN Kabanjahe

Komariyah, Wiwin (2016) Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kecemasan Berbicara Siswa MTsN Kabanjahe. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecemasan berbicara merupakan hal yang wajar baik di lingkingan sekolah ataupu luar sekolah, baik di pendidikan maupun di luar pendidikan. Dimana kecemasan berbicara ini sangat banyak sekali ditemui dimanapun dan kapanpun. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi secara mendalam data tentang peran guru bimbingan konseling dalam meminimalisir kecemasan berbicara siswa dengan metode penelitian kualitatif yang berupaya untuk menguraikan hasil temuan penelitian dan menemukan fakta-fakta dengan instrumen observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru BK MTs.N.Kabanjahe, Kepala Sekolah MTs.N.Kabanjahe, dan siswa MTs.N.Kabanjahe. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam meminimalisir kecemasan berbicara siswa dilaksanakan dengan cara memberikan motivasi, pengertian, dan semangat yang kuat, yang juga dapat dilakuakan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dan konseling seperti layanan informasi dan layanan individu. Guru BK juga memiliki wawasan tentang layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan sehingga para peserta layanan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, dan berusaha untuk mengentaskan permasalahan yang mereka hadapi. Peranan guru BK di MTs.N.Kabanjahe mampu meminimalisir kecemasan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari pendapat siswa yang menyatakan bahwa bimbingan yang mereka terima dari guru BK memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri mereka... hal ini ditandai dengan siswa yang akhirnya memiliki pemahaman dan perubahan yang baik dari segi sikap, moral dan kepercayaan diri yang baik

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:39
Last Modified: 03 Feb 2020 07:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item