Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di TK Ummi Erni Tahun Ajaran 2018/ 2019

Lubis, Witri Khairani (2019) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Mengenal Konsep Bilangan Di TK Ummi Erni Tahun Ajaran 2018/ 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media gambar di TK. UMMI ERNI. 2) Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media flash card di TK. UMMI ERNI. 3) Pengaruh perbedaan penggunaan media gambar dan flash card terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan di TK. UMMI ERNI Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 32 anak dan sampelnya adalah seluruhnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling melalui bentuk Total Sampling (Boring Sampling). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi terstruktur atau kisi-kisi lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan 1) adanya pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan yaitu 4,6875 menjadi 23,125, 2) adanya pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan yaitu 4,125 menjadi 18,5625, 3) adanya perbedaan pengaruh penggunaan media gambar dengan flash card terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal konsep bilangan yaitu dilihat dari nilai t hitung=19,3364 > t tabel=2,042.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:57
Last Modified: 03 Feb 2020 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item