Yuliana, Reny (2019) Kontribusi Kebiasaan Belajar Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadis Siswa Kelas VIII MTs Mesra Kota Pematangsiantar T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
tesis pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) didapati adanya kontribusi antara kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VIII di MTs MESRA Kota Pematangsiantar, (2) didapati adanya kontribusi antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VIII di MTs MESRA Kota Pematangsiantar, dan (3) didapati adanya kontribusi antara kebiasaan belajar dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadis kelas VIII MTs MESRA kota Pematangsiantar Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Mesra Kota Pematangsiantar. Jenis penelitin ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Mesra Kota Pematangsiantar yang berjumlah 89 orang, sedangkan sampel berjumlah 72 siswa dengan menggunakan tabel Krejcie Morgan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data variabel kebiasan belajar dan minat belajar adalah angket dan untuk variabel hasil belajar adalah tes.. Teknik analisis data yang digunakan analisis korelasi sederhana dan korelasiganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat kontribusi positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Mesra Kota Pematangsiantar. Artinya semakin tinggi dan positif kebiasaan belajar maka semakin tinggi dan positif pula hasil belajar siswa dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 9,90%, (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Mesra Kota Pematangsiantar. Artinya semakin tinggi dan positif minat belajar maka semakin tinggi dan positif pula hasil belajar dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 20,00%, dan (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan secara bersama-sama antara kebiasaan belajar dan minat belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Mesra Kota Pematangsiantar. Artinya semakin tinggi dan positif kebiasaan belajar dan minat belajar maka semakin tinggi dan positif pula hasil belajar dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 30,20%.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 03:56 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 03:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8167 |
Actions (login required)
View Item |