Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam

Fitriana, Parida (2018) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas VII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PARIDA FITRIANA 35141033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) dan model pembelajaran Quantum Teaching di SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, analisis data menggunakan kuantitatif atau statistik. Alat pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPMuhammadiyah 16 Lubuk Pakam dan sampel berjumlah 53 siswa dengan rincian dari kelas VII-1 dan VII-2 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Sampling jenuh. Sedangkan teknik analisis data digunakan uji-t yang diawali dengan menghitung rata-rata, menghitung standar deviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk uraian yaitu pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan berbeda yitu kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) dan kelas eksperimen B menggunakan model pembelajaran quantum teaching diperoleh nilai rata-rata posttest

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual (CTL), Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:07
Last Modified: 29 Jan 2020 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8131

Actions (login required)

View Item View Item