Pasaribu, Sumila (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV di MIS Nurul Hadina Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SUMILA PASARIBU (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Energi di kelas IV MIS Nurul Hadina Patumbak Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kegiatan pembelajaran yang terkesan membosankan karena guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimen atau eksperimen semu dan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV MIS Nurul Hadina Patumbak Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas, dan yang dijadikan sampel adalah 2 kelas yaitu kelas IV C sebagai kelas kontrol dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional di kelas IV C MIS Nurul Hadina Patumbak sebelum diberikan perlakuan rata-rata pretest siswa sebesar 58,17 dan setelah posttest 68,50. (2) hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV D MIS Nurul Hadina Patumbak sebelum diberikan perlakuan rata-rata pretest siswa sebesar 58,39 dan posttest 80,71. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIS Nurul Hadina Patumbak. Simpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Energi di kelas IV MIS Nurul Hadina Patumbak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 08:07 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 08:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8122 |
Actions (login required)
View Item |