Lubis, Nova Maulida Sari (2019) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Trigonometri Di Kelas X MIA SMA Swasta Muhammadiyah-2 Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
NOVA MAULIDA SARI LUBIS (35153073).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari pada yang diajar dengan model Pembelajaran Inkuiri, 2) apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari pada yang diajar dengan model Pembelajaran Inkuiri, 3) apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari pada yang diajar dengan model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas, yang 2 kelas diantaranya dijadikan sampel penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur, Hasil Temuan ini menunjukkan : 1). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri pada materi trigonometri dengan nilai Fhitung = 4,08529 dan Ftabel = 4,007 dimana Fhitung > Ftabel; 2). Kemampuan Pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri pada materi trigonometri dengan nilai Fhitung = 0,1329 dan Ftabel = 4,007 dimana Fhitung < Ftabel; 3). Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri pada materi trigonometri dengan nilai Fhitung = 3,98873 dan Ftabel = 3,923 dimana Fhitung > Ftabel.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 03:00 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 03:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8110 |
Actions (login required)
View Item |