Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SD Muhammadiyah 07 Denai

Prilenti, Ridha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SD Muhammadiyah 07 Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Ridha Prilenti-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model group investigation (GI) di kelas V SD Muhammadiyah 07 Denai. 2) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model dengan menggunakan model konvensional di kelas V SD Muhammadiyah 07 Denai. 3) Apakah terdapat pengaruh model group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Muhammadiyah 07 Denai. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Muhammadiyah 07 Denai, dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas V-A (kelas eksperiment group investigation) dan V-B (kelas kontrol konvensional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model group investigation (V-A) lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model konvensional (V-B). Hasil belajar tematik di kelas eksperimen dengan model group investigation diperoleh rata-rata postest yaitu 88, sedangkan pada kelas kontrol konvensional (V-B) diperoleh rata- rata postest yaitu 76,2. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen (V-A) dengan menggunakan uji Paired sample t test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikasi α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan Terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 07 Denai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation (GI), Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:23
Last Modified: 09 Mar 2021 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item