Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika Baper Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Sei Mati TA. 2018/2019

Mayasari, Alvi (2019) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika Baper Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN Sei Mati TA. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ALVI SIAP.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui judul Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV MIN SEI Mati Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas IV MIN 02 SEI MATI Kota Medan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga batang perkalian dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV MIN 02 SEI MATI Kota Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan alatb peraga batang perkalian terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga batang perkalian adalah 84,2.Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 54,10. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh atau 4,7447 > 1,673.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:59
Last Modified: 27 Jan 2020 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item