Nasution, Asril Saad (2015) Manajemen Guru Dalam Pengelolaan Kelas Siswa Di SMP Nahdlatul Ulama Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
BAB I MANAJEMEN GURU.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Guru Dalam Pengelolaan Kelas Siswa di SMP Nahdlatul Ulama Medan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data atau instrumen yang ditetapkan, kemudian melakukan analisis, pengumpulan data melalui wawancara dan kajian dokumen. Dengan teknik tersebut maka penelitian dilakukan dengan proses pengumpulan data, reduksi data penarikan kesimpulan. Penyajian data adalah sebagai sekumpulan imformasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan penyajian merupakan dari proses analisis data. Setelah data disajikan yang juga dalam rangkaian analisis data, maka peroses selanjutnya adalah penarikan kesimpulan Hasil temuan penelitian ini adalah (1). Perencanaan pegelolaan kelas di SMP Nahdlatul Ulama Medan sudah berjalan dengan bentuk musyawarah dan rapat awal tahun yaitu sebelum tahun ajaran baru dan sesuai dengan prinsip-prinsip perencanaan yaitu apa yang akan dilakukan, bagaimana mencapai hal tersebut, siapa yang melakukan, lokasi aktivitas, kapan akan dilakukan dan berapa lama, serta sumber daya yang dibutuhkan. (2). Pengorganisasian pengelolaan kelas di SMP Nahdlatul Ulama Medan dilakukan oleh para guru dan wali kelas yangmengoganisasikan secara regular seperti penjadwalan waktu, penggunaan alat-alat/media pembelajaran, dan piket, dan bukan hanya pembentukan team atau orang-orang yang melaksanakan perencanaan, akan tetapi alat-alat/media pembelajara, waktu pelaksanaan, aturan-aturan, dan tata tertib siswa demi terwujudnya kelas yang nyaman untuk proses pembelajaran. (3). Proses pelaksanaan pengelolaan yang dilakukan oleh atasan atau kepala sekolah itu sendiri dan wali kelas seperti pembuatan peraturan kelas yang dibuat oleh wali kelas, wali kelas memperhatikan sauasan kelas dibantu oleh guru dan akan berdampak baik agar menjadikan muridnya yang taat pada peraturan kelas, untuk melihat keaktifan dan kehadiran siswa, dan memotivasi peserta didik agar tetap menjaga kebersihan, kerapian,dan keindahan kelasnya. (4). Pengawasan pengelolaan kelas di sekolah SMP Nahdlatul Ulama Medan secara intensif dilakukan oleh kepala sekolah dan wali kelas seperti pengecekan laporan dan pengecekan kelas. Dan hal ini meningkatkan semangat guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan kelasnya nyaman dan kondusif.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 04:15 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 04:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8053 |
Actions (login required)
View Item |