Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MTs Muallimin UNIVA Medan

Nasution, Siti Aspiah (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MTs Muallimin UNIVA Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Siti Aspiah nasution .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Muallimin Univa Medan yang terdiri atas sepuluh kelas yang berjumlah 322 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas VII+B sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII+D sebagai kelas eksperimen B. Data yang diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptifd dan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tergolong baik dilihat dari nilai rata-rata 82,92. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) tergolong baik hal ini dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest dengan nilai rata-rata 75,85. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t di mana diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,32 > 2,01.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:40
Last Modified: 14 Jan 2020 02:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item