Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MIN Sei Mati Medan

Sartika, Rini (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MIN Sei Mati Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS RINI SARTIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di madrasah, terdapat banyak unsur yang saling berkaitan dan menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Unsur-unsur tersebut adalah: pendidik (guru), peserta didik (siswa), kurikulum, pengajaran, dan lingkungan. Siswa sebagai subjek dalam proses tersebut juga sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas V MIN Sei Mati Medan yang terdiri dari 3 kelas. Berdasarkan teknik Cluster Random sampling, satu kelas sebagai kelas pembelajaran kolaboratif dan satu kelas pembelajaran kompetitif. Instrumen penelitian adalah tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan angket untuk mendapatlan data motivasi belajar siswa. Uji normalitas data hasil belajar adalah uji Liliefors dan tes homogenitas adalah uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif = 28,15 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif = 26,92, dengan Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,968, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi = 29,93 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah = 25,94 dengan Fhitung = 4,43 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak dengan Fhitung = 7,18 > Ftabel = 3,968.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jan 2020 09:32
Last Modified: 07 Jan 2020 09:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8016

Actions (login required)

View Item View Item