Siregar, Desma Kherlidani (2019) Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematik Dan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Problem Based Learning Dan Direct Instruction Pada Materi PTLSV MAS Miftahussalam Medan Kelas X Tahun Pelajaran 2019 - 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
DESMA KHERLIDANI SIREGAR.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Koneksi Matematik Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Problem Based Learning dan Direct Instruction. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X MA Swasta Miftahussalam Medan. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, serta instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini berbentuk tes uraian. Dari hasil analisis data dengan Analisis Varian ANAVA, diperoleh hasil temuan menunjukkan: 1). Kemampuan koneksi matematik Siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Direct Instruction pada materi ptlsv terlihat pada nilai FHitung = 1,770, dan nilai Ftabel pada taraf ⍺(0,05) = 4,004. Hal ini berarti FHitung < Ftabel; 2). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Direct Instruction pada materi ptlsv terlihat pada nilai FHitung = 8,943 dan nilai Ftabel pada taraf ⍺(0,05) = 4,004. Hal ini berarti FHitung > Ftabel; 3). Kemampuan koneksi matematik dan Pemahaman Konsep Siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction. pada materi ptlsv terlihat pada nilai Fhitung = 9,209 dan nilai Ftabel pada taraf α(0,05) = 3,920. Hal ini berarti FHitung > Ftabel; Kesimpulan dari penelitian Menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara Kemampuan Koneksi Matematik dan Pemahaman Konsep Siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih sesuai daripada strategi pembelajaran Direct Instruction.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 08:01 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 08:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8004 |
Actions (login required)
View Item |