Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dan Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika Dikelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Jam’iyatul Washliyah 22 Tembung T.A 2018/2019

Sari, Gusmila (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dan Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Statistika Dikelas XI Madrasah Aliyah Swasta Al Jam’iyatul Washliyah 22 Tembung T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
GUSMILA SARI 35153127.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh yang signifikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan dengan pembelajaran NHT; 2) Mengetahui pengaruh yang signifikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan dengan pembelajaran NHT; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan NHT; 4) Mengetahui interaksi strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen.Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al Jam’iyatul Washliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 4 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas adalah kelas XI IIS-A sebagai kelas kontrol dan XI IIS-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang pada masing-masing kelas. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengukur kemampuan awal siswa dengan memberikan tes pretest dan selanjutnya dengan memberikan tes postest dan analisis data dilakukan dengan analisis varians( ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukan :1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan dengan pembelajaran NHT; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan dengan pembelajaran NHT; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan NHT; 4) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran PBL dari pada pembelajaran NHT.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:58
Last Modified: 06 Jan 2020 02:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7983

Actions (login required)

View Item View Item