Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas X MAS Miftahussalam Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Simbolon, Fatimah Dayani (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas X MAS Miftahussalam Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fatimah Dayani Simbolon.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe jigsaw, (2) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe jigsaw, (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAS Miftahussalam Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa, dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik engambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada taraf signifikan 0,05. Hasil Temuan ini menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:57
Last Modified: 06 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7982

Actions (login required)

View Item View Item