Ritonga, Ade Irfan (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Integral di Kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
ADE IRFAN RITONGA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan siswa yang diajar pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di tinjau dari motivasi belajar kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas XI MIA A dan XI MIA B MAS Al-Washliyah 22 Tembun Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi dari siswa pada yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning(CTL). Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung = 53.795 > Ftabel (α=0,05) = 4,013; pada materi integral kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung. 2) Untuk siswa yang motivasi belajar tinggi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung = 48,74 > Ftabel (α=0,05) = 4,196; pada materi integral kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung. 3) Untuk siswa yang motivasi belajar rendah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung = 83,268 > Ftabel (α=0,05) = 4,196; pada materi integral kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung. 4) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung = 23,073> Ftabel (α=0,05) = 4,196; pada materi integral kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 08:22 |
Last Modified: | 02 Jan 2020 08:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7948 |
Actions (login required)
View Item |