Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Religius Dan Sikap Sosial Peserta Didik MAN 2 Model Medan Tahun 2019

Armina, Armina (2019) Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Religius Dan Sikap Sosial Peserta Didik MAN 2 Model Medan Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ARMINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif yang terdiri dari tahap pengumpulan data, menganalisis, dan menginterprestasikannya secara objektif, faktual, akurat dan sistematis dalam menjelaskan, mamaparkan dan menuliskan serta melaporkan keadaan objek atau data yang telah diperoleh berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subjek penelitiannya adalah Guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam membentuk sikap religius dan sikap sosial sudah baik. Pembelajaran Akidah Akhlak diharapkan dapat membantu peserta didik dalam menanamkan sikap religius dan sikap sosial serta menjadikan peserta didik untuk menjadi pribadi yang beradab dan beretika kepada guru dan teman, saling menghargai, saling menghargai. Cara Guru Akidah Akhlak menyampaikan materi pelajarannya yaitu dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik kemudian peserta didik mencari jawabannya melalui alat peraga guru, maupun benda-benda yang ada disekitar kelas tujuannya adalah agar peserta didik mampu untuk berfikir, terampil dan bersikap dalam menjawab materi pelajaran tersebut. 2) Faktor pendukung dalam membentuk sikap religius dan sikap sosial peserta didik adalah lingkungan sekolah. Karena MAN 2 Model Medan yang berbasis sekolah agama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada dalam diri sendiri. Karena mau tidaknya peserta didik bersikap yang baik, merupakan atas dasar kemauan diri sendiri. 3) Solusi dalam menyelesaikan masalah dalam membentuk sikap religius dan sikap sosial peserta didik yaitu dengan melakukan pendekatan personal antara peserta didik dan guru dengan cara teguran yang lemah lembut lalu menanyakan sebab dia melakukan kesalahan, kemudian guru memberinya arahan dan nasehat kepada peserta didik, dan menjadikannya contoh dalam materi pelajaran, Dengan begitu, peserta didik tersebut sadar bahwa apa yang dia lakukan adalah salah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:55
Last Modified: 31 Dec 2019 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item View Item