Identifikasi Karakter Peserta Didik Milenial Dan Efeknya Terhadap Motivasi Belajar Serta Peran Guru Bimbingan Konseling Di SMP Negeri 1 Perbaungan Kab. Serdang Bedagai

Suleman, Suleman (2019) Identifikasi Karakter Peserta Didik Milenial Dan Efeknya Terhadap Motivasi Belajar Serta Peran Guru Bimbingan Konseling Di SMP Negeri 1 Perbaungan Kab. Serdang Bedagai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengemukakan tentang identifikasi karakter peserta didik milenial dan efeknya terhadap motivasi belajar serta peran guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter peserta didik milenial dan efeknya terhadap motivasi belajar serta peran guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data primernya adalah yaitu kepala SMP Negeri 1 Perbaungan, Guru BK SMP Negeri 1 dan peserta didik SMP Negeri 1 Perbaungan. Sedangkan profil sekolah, data dapodik SMP Negeri 1 Perbaungan dan Arsip BK, merupakan data sekunder. Pengumpulan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi berkaitan dengan sekolah maupun peserta didik serta guru bimbingan konseling. Dalam menganalisis data peneliti ini peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah- langkah pemaparan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objektif SMP Negeri 1 Perbaungan. Adapun hasil yang ditemukan penelitian ini adalah : (1) Karakter peserta didik milenial yang diamati sehari-hari akhirnya teridentifikasi dari sikap dan prilakunya, ternyata merupakan efek dari perkembangan teknologi informasi yang terus merasuki segala aspek kehidupan peserta didik disekolah maupun diluar sekolah. (2) Tingkat penggunaan waktu terhadap teknologi informasi yang tinggi oleh peserta didik, tidak serta merta mendongkrak motivasi belajar untuk berprestasi, hal tersebut diketahui dari keseharian peserta didik walau wawasannya semakin luas dengan media social, tetapi prestasi akademiknya relatif rendah. (3) Guru bimbingan dan konseling disekolah memiliki peran yang sangat penting dan strategis untuk menyikapi perkembangan peserta didik. Baik yang menyangkut dengan pribadi, belajar, sosial, dan karir masa depan peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:55
Last Modified: 31 Dec 2019 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7928

Actions (login required)

View Item View Item