Kontribusi Merencanakan Pembelajaran Dan Keterampilan Mengajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri Di Kota Medan

Eliyati, Neti (2019) Kontribusi Merencanakan Pembelajaran Dan Keterampilan Mengajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri Di Kota Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis lengkap buk netti.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang hasil belajar siswa bidang studi PAI di SMP Negeri di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi untuk merencakan pembalajaran dan keterampilan mengajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri di Kota Medan. Ada 3 hipotesis yang di uji dalam penelitian ini, peratama: terhadap kontibusi merencakan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Negri di Kota Medan. Kedua, terdapat kontibusi keterampilan mengajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri di Mota Medan. Ketiga, terdapat kontibusi merencanakan pembelajaran dan keterampilan mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah guru PAI di SMP Negeri di Kota Medan berjumlah 105 orang. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan rumus Cochran (1977). Sedangkan teknik yang di gunakan untuk mengambil sampel adalah Stratifed Propotional Random Sampling. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus tersebut diperoleh jumlah sampel 82 orang guru. Pengumpulan data untuk kedua variabel bebas menggunakan angket yang diadaptasi dari APKG 1 dan 2 sedangkan untuk variabel hasil belajar menggunakan instrument test yang disusun berdasarkan pada konstruk teri. Berdasarkan hasil pengujian reliabilitasnya sebagai beriku: merencakan pembelajaran menghasilkan rhitung sebesar 0.8549., dan keterampilan mengajar (X2) sebesar 0.8531. Hasil analisis hipotesis pertama dengan menggunakan teknik korelasindan regresi baik sederhana maupun ganda variabel mrencanakan pembelajaran (x1) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 29.37%. Hipotesis kedua konribusi variabel keterampilan menagjar sebesar 79,57%. Hipotesis ketiga kontribusi variabel kompetensi kepribadian dan iklim komunikasi secara bersama-sama sebesar 82,45%. Dengan demikian, sisanya sebesar 17.35%. disumbangkan oleh variabel lain yang dikaji dalam penelitian lain.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:54
Last Modified: 31 Dec 2019 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item