Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) Materi Pokok Integral Kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019.

Syahputra, Wisnu (2019) Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) Materi Pokok Integral Kelas XI MIA MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Wisnu_35154177.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) materi pokok integral kelas XI MIA MAN 1 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 372 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI MIA 6 dan XI MIA 7 yang masing-masing berjumlah 45 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dan kemudian dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan GI Materi Pokok Integral Kelas XI MIA MAN 1 Medan dengan Fhitung = 3,286 > Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 3,047; 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan GI Materi Pokok Integral Kelas XI MIA MAN 1 Medan dengan Fhitung = 3,353 > Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 2,706 dan kemudian dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Q3(A1B1 dan A2B1)hitung > Qtabel di mana Qhitung = 4,480 dan Qtabel = 2,656; 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan GI Materi Pokok Integral Kelas XI MIA MAN 1 Medan dengan Fhitung = 0,524 < Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 2,706 dan kemudian dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Q4(A1B2 dan A2B2)hitung < Qtabel di mana Qhitung = 1,813 dan Qtabel = 2,656; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Fhitung = 0,590 < Ftabel pada taraf (α= 0,05) = 3,047.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:54
Last Modified: 31 Dec 2019 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item