Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Mis Nurul Hidayah Medan

Tanjung, Muhammad Ikhsan (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Mis Nurul Hidayah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan melalui Model Make A Match . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan Model Make A Match, lembar observasi keaktifan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan mengalami peningkatan. Peningkatan persentase hasil belajar siswa untuk setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 34,78%, siklus II sebesar 47,83%, dan untuk siklus III sebesar 78,26%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:54
Last Modified: 31 Dec 2019 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7916

Actions (login required)

View Item View Item