Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Number Heads Together (NHT) Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2019-2020

Rahmayani, Desi (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Number Heads Together (NHT) Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DESI RAHMAYANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Number Heads Together di MA Al-washliyah Tembung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiman. Populasinya adalah seluruh siswa/i kelas XI MA Al-washliyah Tembung yang berjumlah 173 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA a dan XI MIA B yang masing-masing berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan cara clusterrandom sampling. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dan kemudian dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Hasil temuan ini menunjukkan : 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Number Heads Together dengan F_hitung= 5,977 > F_tabel pada taraf (∝=0,05)= 3,061; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Number Heads Together dengan F_hitung= 3,441 > F_tabel pada taraf (∝=0,05)= 2,732 dan kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey diperoleh Q_3(A_1 B_1 dan A_2 B_1) Q_hitung > Q_tabel dimana Q_hitung= 7,611 dan Q_tabel= 2,669: 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Number Heads Together dengan F_hitung= 0,293 < F_tabel pada taraf (∝=0,05)= 2,732 dan kemudian dilanjutkan dilanjutkan dengan uji tuckey diperoleh Q_hitung < Q_tabel dimana Q_hitung= 0,114 dan Q_tabel= 2,669. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dari pada dengan tipe Number Heads Together.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:12
Last Modified: 30 Dec 2019 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item View Item