Nasution, Dinda Syahrani (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Suku Banyak di MAN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI DINDA SYAHRANI NASUTION.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi suku banyak di Kelas XI MAN 3 Medan. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen I sebanyak 30 siswa dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen II sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, pengujian hipotesis dengan ujit pada taraf signifikan 0,05. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t hasilnya menunjukkan bahwa : Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di MAN 3 Medan, di mana nilai rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata 78,567 dan 67,567 dengan hasil Uji t menunjukkan thitung > ttabel (2,6498 > 1,6723) hal itu berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 03:15 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 03:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7850 |
Actions (login required)
View Item |