Hubungan Layanan Informasi dan Layanan Penguasaan Konten Dengan Pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Medan.

Harahap, Muhammad Fauzi (2019) Hubungan Layanan Informasi dan Layanan Penguasaan Konten Dengan Pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Fauzi.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Pendidikan secara umum adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik agar secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat,maka dengan ini perlurnya diadakan pelaksanaan layanan informasi dan layanan penguasaan konten yang diberikan kepada siswa,tentu akan mendukung dalam membantu memberikan pemahaman terhadap gaya belajar siswa. Hal ini menjadi perhatian menarik bagi peneliti untuk mengetahui pelaksanaan pelaksanaan layanan informasi dan layanan penguasaan konten dalam membina pemahaman gaya belajar siswa, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan layanan informasi dengan pemahaman gaya belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan, hubungan layanan penguasaan konten dengan pemahaman gaya belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan, dan informasi dan layanan penguasaan konten secara bersama-sama berhubungan dengan pemahaman gaya belajar siswa di kelas X SMK Negeri 4 Medan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan studi korelasional. Penelitian korelasional disebut juga dengan penelitian deskriptif (descriptive research) karena penelitian ini menggambarkan atau menunjukkan adanya hubungan antara variabel-variabel sebagaimana apa adanya. Jumlah populasi yang berjumlah dari siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan yang berjumlah 211 orang, jumlah sampel sesuai ketentuan maka diperoleh jumlah sebanyak 136 orang. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan layanan informasi dengan pemahaman terhadap gaya belajar siswa sebesar 0,417. Dengan demikian pelaksanaan layanan informsi mempunyai hubungan dengan pemahaman gaya belajar dimana semakin banyaknya informasi yang diberikan maka semakin menambah pengetahuan siswa terhadap pemahaman gaya belajarnya. Terdapat hubungan yang signifikan antara layanan penguasaan konten dengan pemahaman gaya belajar siswa sebesar 0,469. Dengan demikian pelaksanaan layanan penguasaan konten dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan belajar tertutama terkait dengan masalah pemahaman terhadap gaya belajar,terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan layanan informasi dan pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan pemahaman gaya belajar siswa secara bersama sama sebesar 0,677. Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa semakin baik pelaksanaan layanan informasi dan layanan penguasaan konten yang diberikan kepada siswa, maka akan semakin membantu siswa memahami terhadap gaya belajarnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Layanan Konten dan Gaya Belajar.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:42
Last Modified: 27 Dec 2019 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7821

Actions (login required)

View Item View Item