Sinaga, Khairul Erwin (2019) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Dan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Pokok Trigonometri Di Kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Khairul Erwin Sinaga_35153052.pdf.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Model Pembelajaran Matematika Realistik lebih baik dibandingkan dengan Model Pembelajaran Konvesional digunakan untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa, (2) Terdapat perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang memperoleh Pembelajaran Matematika Realistik dengan siswa yang memperoleh Pembelajaran Konvensional, (3) Terdapat perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang memperoleh Pembelajaran Matematika Realistik dengan siswa yang memperoleh Pembelajaran Konvensional. (4) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dengan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data pos-tes. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-IPA 5 (kelas eksperimen) sebanyak 29 siswa dan kelas X-IPA 1 (kelas kontrol) sebanyak 29 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis varians dan dilanjutkan dengan uji tuckey pada taraf signifikan 0,05. Hasil temuan ini menunjukkan : (1) Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Matematika Realistiklebih baik daripada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional,(2) Terdapat perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistikdaripada siswa yang diajar dengan menggunakan Pembelajaran, (3) Tidak terdapat perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Matematika daripada siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional, (4) Tidak terdapat interaksi antara Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 00:56 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 00:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7754 |
Actions (login required)
View Item |