Pengaruh Kemampuan Membaca, Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kedisplinan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMPN 3 Perbaungan

Fauzi, Muhammad Restu (2018) Pengaruh Kemampuan Membaca, Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kedisplinan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMPN 3 Perbaungan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS FULLsetelah plagiat.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui (1) Hubungan kemampuan membaca terhadap Kemandirian belajar siswa (2) Hubungan kemampuan berfikir kritis terhadap Kemandirian belajar siswa (3) Hubungan kedisplinan belajar terhadap Kemandirian belajar siswa (4) Pengaruh kemampuan membaca, dan kemampuan berfikir kritis, dan terhadap Kemandirian belajar siswa (5) Pengaruh kemampuan membaca, dan kedisplinan belajar terhadap Kemandirian belajar siswa (6) Pengaruh kemampuan berfikir kritis, dan kedisplinan belajar terhadap Kemandirian belajar siswa (7) Pengaruh kemampuan membaca, kemampuan berfikir kritis, dan kedisplinan belajar terhadap Kemandirian belajar siswa. Dalam Penelitian ini jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif korelasional menggunakan teknik atau model ekxpost facto. Lokasi penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 3 Perbaungan pada kelas IX T.A 2017/2018.populasi berjumlah 215 orang siswa dengan sampel sebanyak 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji persyaratan analisis, analisis uji regresi linier berganda, pengujian korelasi, uji hipotesis parsial (t) dan uji hipotesis simultan (f). Hasil penelitian : 1) Terdapat Hubungan Yang Positif Dan Signifikan Kemampuan Membaca Terhadap Kemandirian Belajar Siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis korelasi bernilai 0,761 dengan angka signifikansi sebesar 0 Menunjukkan hubungan yang sangat kuat. pengujian hipotesis secara parsial pada variabel X1 diketahui bahwa nilai thitung > ttabel dimana 2,992 > 2,003. 2) Terdapat Hubungan Yang Positif Dan Signifikan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. perhitungan uji korelasi untuk melihat hubungan antar variabel. Menunjukkan hubungan yang sangat kuat, yang bernilai 0,883 dengan angka signifikansi sebesar 0. Selanjutnya juga dilakukan pengujian hipotesis secara parsial variabel X2 diketahui bahwa thitung > ttabel dimana 4.553 > 2.003. 3) Terdapat Hubungan Yang Positif Dan Signifikan Kedisplinan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Hasil analisis data penelitian melalui perhitungan uji korelasi untuk melihat hubungan antar variabel. Menunjukkan hubungan yang sangat kuat, dengan nilai 0,938 dengan angka signifikansi sebesar 0. Kemudian perhitungan uji t (parsial) variabel X3 diketahui bahwa thitung > ttabel dimana 8.353 > 2.003. 4) Terdapat Pengaruh Yang Positif dan Signifikan Antara Kemampuan Membaca (X1) dan Kemampuan Berfikir Kritis (X2) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Y) dengan Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 15.238 + 0,352X1 + 0,623X2 + e. 5) Terdapat Pengaruh Yang Positif dan Signifikan Antara Kemampuan Membaca (X1), Dan Kedisplinan Belajar (X3) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Y), Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 12.865 + 0,224X1 + 0,720X2 + e. 6) Terdapat Pengaruh Yang Positif dan Signifikan Antara Kemampuan Berfikir Kritis (X2) Dan Kedisplinan Belajar (X3) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Y). analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 15.671+ 0,312X1 + 0,594X2 + e. 7) Terdapat Pengaruh Yang Positif dan Signifikan Antara Kemampuan Membaca (X1), Kemampuan Berfikir Kritis (X2) Dan Kedisplinan Belajar (X3) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Y) yang d buktikan melalui Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 11.302 + 0,173X1 + 0, 276X2 + 0,524X3 + e. hasil analisis hipotesis Secara simultan, nilai fhitung > ftabel dimana 237.611 > 2,77. Dan hasil analisis Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah nilai R Square sebesar 0,963. Dan dengan taraf signifikansi 5%.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:06
Last Modified: 18 Dec 2019 02:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7712

Actions (login required)

View Item View Item