berjudul Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Sma Muhammadiyah 09 Aek Kanopan.

Gultom, Rafida (2019) berjudul Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Sma Muhammadiyah 09 Aek Kanopan. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text (pdf)
Rafida Gultom pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi pendekatan RME dan CTL, (ii) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pendekatan RME dan CTL, (iii) Untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembekajaran RME dan CTL dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (iv) Untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran RME dan CTL dengan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI SMA Muhammadiyah 09 Aek Kanopan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 09 Aek Kanopan T.P. 2018/2019 yang berjumlah 245 siswa dengan sampel sebanyak 70 siswa yaitu 35 siswa dari kelas XI MIA-1 dan 35 siswa dari kelas XI MIA-2. Pada penelitian ini peneliti menggunakan instrume tes yang diberikan pada kedua kelas yaitu XI MIA-1 dan XI MIA-2. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian faktorial taraf 2 × 2. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dan Uji Tukey. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan RME dan CTL pada materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Terbukti pada hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 11,53, dan diketahui nilai pada Ftabel dengan taraf ( ) = 3,97. Ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yang mengakibatkan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan RME dan CTL pada materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Terbukti dengan adanya hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 5,88, dimana nilai pada Ftabel dengan taraf ( ) = 3,97. Dengan adanya hasil tersebut, menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yang mengakibatkan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika anatara siswa melalui pendekatan RME dan CTL pada materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Terbukti dengan adanya hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 4,91, dimana nilai pada Ftabel dengan taraf ( ) = 3,97. Dengan adanya hasil tersebut, menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yang mengakibatkan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan pendekatan RME dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Hal ini diperoleh dari hasil uji F pada rangkuman hasil ANAVA, yang mana diperoleh Fhitung = 2,20. Dimana pada Ftabel dengan taraf ( ) = 3,97. Dimana dengan adanya hasil tersebut, menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yang mengakibatkan diterimanya H0 dan ditolaknya Ha.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 13 Dec 2019 05:37
Last Modified: 13 Dec 2019 05:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item