Mianti, Rizka (2019) Penggunaan Rational Emotive Behavioral Therapy Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bangun Purba. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI RIZKA MIANTI (33153059).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) merupakan pendekatan konseling yang beranggapan bahwa masalah yang dialami individu disebabkan dari fikiran-fikiran irasional yang muncul dalam fikiran individu tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan REBT terhadap penurunan tingkat burnout belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental design bentuk Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangun Purba. Pada desain penelitian ini, sampel dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 30 siswa, satu kelompok akan diberikan perlakuan (kelompok eksperimen) dan satu kelompok lagi tidak diberi perlakuan (kelompok kontrol). Keduanya memperoleh pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa REBT memberikan pengaruh terhadap penurunan burnout belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji independent sample T test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,040 (diambil dari data equal variances assumed karena data homogen). Hal tersebut menunjukkan jika (2-tailed) 0,040 < dari 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau REBT memberikan pengaruh terhadap penurunan burnout belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Dec 2019 02:47 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 02:47 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7610 |
Actions (login required)
View Item |