Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament Di Kelas VII SMP Negeri 2 Silaut-Laut

Sinaga, Siti Saleha (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament Di Kelas VII SMP Negeri 2 Silaut-Laut. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Silaut-laut sebelum diterapkannya pembelajaran Teams Games Tournament (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan setelah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif TGT (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Silaut-laut Asahan sebanyak 35 siswa. Objek penelitiannya adalah melalui pembelajaran Teams Games Tournamnet (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi ajar pecahan kelas VII SMP Negeri 2 Silaut-laut Asahan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes awal nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi Teams Games Tournament adalah sebesar 28,03% dengan kriteria sangat rendah. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan strategi Teams Games Tournament pada siklus I sebesar 67% dengan kriteria sedang dan secara klasikal 69% berarti nilai yang diperoleh siswa belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu sebesar ≥85%. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan strategi Teams Games Tornament pada siklus II sebesar 79,63% dengan kriteria sangat tinggi dan secara klasikal 86%, berarti nilai hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari sebelum tindakan ke siklus I sebesar 38,62%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,98%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:46
Last Modified: 13 Dec 2019 02:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item