Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di SMP IT Nur Ihsan Islamic Full Day School Medan

Mukhsin, Abdul (2018) Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di SMP IT Nur Ihsan Islamic Full Day School Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Tesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan. (2) Mengetahui bagaimana peran kepala sekolah maupun guru dalam implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan. (3) mengetahuiFaktor pendukung dan penghambat apasajakah yang dihadapi dalam implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendiskripsikan implementasi pendidikan akhlak di Nur Ihsan Islamic Full Day SchoolMedan.Hasil penelitian manunjukkan: (1) Implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan telah terimplementasikan dengan baik dan berjalan sesuai dengan program yang diharapkan. (2) Peran kepala sekolah maupun guru dalam implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan telah menjalankan perannya dengan baik sesuai dengan peran dan tugasnya sebagai kepala sekolah dan guru. (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan adalah lingkungan sekolah yang baik, kepala sekolah, guru yang berkompeten, program intrakurikuler dan ekstrakurikuler, budaya sekolah serta sistem Full day. Sedangkan penghambat dalam implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan adalah lingkungan keluarga, tempat tinggal dan media yang negative dan kurang baik serta faktor dalam diri individu siswa itu sendiri. keberhasilan inplementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan sudah cukup tinggi yaitu 80 %. Kesimpulan penelitian ini bahwa Implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim di SMP Islamic Full Day School Medan yang dilakukan oleh kepala sekaolah dan guru telah berhasil. Yaitu dengan merancang program-program yang berkualitas demi untuk membiasakan para siswanya melakukan akhlak yang baik dalam kesehariannya.Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi piha sekolah, kepala sekolah guru, orang tua untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan kepada anak terutama yang menyangkut dengan pendidikan akhlak.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Dec 2019 08:50
Last Modified: 06 Dec 2019 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item View Item