Pengaruh Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur T.A 2017/2018

Syaputri, Trisna (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan model Pembelajaran STAD pada materi Menulis Puisi, (2) penggunaan model pembelajaran konvesional pada materi menulis puisi, (3) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STAD pada materu menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini aa siswa kelas V MIN Glugur Darat II Medan Timur yang berjumlah 4 kelas dan sampel yang diambil adalah kelas V-C dan kelas V-D MIN Glugur Darat II. Dimana kelas V-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas V-D sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia adalah tes pilihan ganda berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 20 soal. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD diperoleh Rata-rata 83,13, varians 27,85 dan simpangan baku 5,28. Dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 57,6, varians 50,25 dan simpangan baku 7,09. Dari hasil uji normalitas memperoleh Lhitung<Ltabel yaitu 0,1949 < 2,269 (kelas eksperimen) dan 0,1781 < 0,264 (kelas kontrol) pada taraf nyata α = 0.05. uji homogenitas Fhitung < Ftabel yaitu 1,80 < 2,70 pada taraf α = 0,05. Uji hipotesis diperoleh thitung = 7,621 > ttabel 1,676 maka H0 ditolak. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui Model STAD di MIN Glugur Darat II Medan Timur Tahun Ajaran 2017 2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Nov 2019 09:27
Last Modified: 29 Nov 2019 09:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7487

Actions (login required)

View Item View Item