Efektivitas Pendidikan Life Skill Dalam Membentuk Keterampilan Berdakwah Siswa Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan

Al-Asy’ari, Abu Hasan (2018) Efektivitas Pendidikan Life Skill Dalam Membentuk Keterampilan Berdakwah Siswa Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENDIDIKAN LIFE SKILL DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERDAKWAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) konsep program pendidikan life skill dalam membentuk kemampuan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan, 2) pelaksanaan pendidikan life skill dalam membentuk keterampilan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanan pendidikan life skill dalam membentuk keterampilan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan, 4) efektivitas program pendidikan life skill dalam membentuk kemampuan berdakwah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah l Medan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep program khutbah yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan adalah berdasarkan kesepakatan bersama antara guru dan kepala sekolah serta himbauan dari dewan tanfiz dan hasil keputusan muktamar Muhammadiyah. Program khutbah menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang di muat dalam mata pelajaran wajib yang bobotnya setara dengan mata pelajaran lainnya. Setelah siswa dianggap cakap dan mampu untuk berkhutbah maka akan dikirim ke mesjid-mesjid Muhammadiyah yang berada di kota Medan. 2) Pelaksanaan program khutbah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Medan dilakukan melalui tahapan pemberian teori melalui pertemuan rutin di dalam kelas setiap minggunya. Materi yang di berikan meliputi rukun khutbah, menyusun materi dan retorika. Pada tahap kedua pelaksanaan khutbah dilakukan melalui praktek secara langsung setiap harinya setelah selesai shalat zuhur dan asar. Sedangkan tahap terakhir dari pelaksanaan program dakwah dilakukan dengan menyeleksi siswa yang dianggap telah mampu untuk di kirim ke mesjid Muhammadiyah yang ada di kota Medan. 3) Faktor pendukung program khutbah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah adalah semangat siswa mengikuti kegiatan khutbah ketersediaan sarana prasarana, dan guru yang ahli, serta dukungan dari masyarakat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan program khutbah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan adalah faktor internal berupa rasa malas dari dalam diri siswa, keterbatasan guru mata pelajaran khutbah, tidak adanya buku panduan dan sumber dana kegiatan yang minim. 4) Efektifitas program khutbah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan secara umum berhasil. Dampak yang ditimbulkan dari program ini dapat di bagi ke dalam tiga bagian. Secara langsung program khutbah berdampak pada kemampuan siswa yang baik dalam berdakwah. Secara tidak langsung, program khutbah ini juga memiliki dampak bagi pengembangan kepribadian atau akhlakul karimah dan pembentukan disiplin siswa. Adapun bagi masyarakat luas program khutbah ini berdampak memberikan bantuan pencerahan ilmu agama bagi masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Nov 2019 09:27
Last Modified: 29 Nov 2019 09:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7475

Actions (login required)

View Item View Item