Siregar, Uccok Regar (2018) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di MTs Madinatussalam, Pasar IX , Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.
|
Text
skripsi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan : 1) komunikasi seorang guru baik dalam lisa maupun tulisan, 2) pergaulan guru yang baik terhadap peserta didik, sesama pendidik dan tenaga keendidikan, 3) pergaulan guru terhadap orang tua/wali peserta didik, 4) guru dalam menggunakan teknologi komunikasi dengan baik, 5) pergaulan guru yang baik terhadap masyarakat sekitar, 6) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, dan 7) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi sosial guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik terhadap informan, dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan ketengasan. Dalam hal ini informan yang terjaring peneliti yaitu: kepala sekolah dan guru-guru yang berada di MTs Madinatussalam berjumlah 3 (tiga) orang guru. Hasil penelitian ini mengungkapkan tujuh temuan yaitu: 1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam berkomunkasi sudah berjalan dengan efektif di MTs Madinatussalam, 2) seorang guru harus mempunyai batasan atau jarak untuk menjaga sesuatu yang tidak diharapkan, 3) hubungan orang tua terhadap orang tua peserta didik harus baik, karena orang tua juga ikut dalam berperan untuk pendidikan anaknya, 4) teknologi komunikasi dapat meningkatkan kinerja para guru dalam memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik dan membantu menyelesaikan semua tugas-tugas para guru, 5) menjaga hubungan yang baik kepada masyarakat sangat perlu sekali, karena tanpa ada hubungan yang baik pasti seseorang itu tidak akan menghargai dengan adanya usaha yang kita lakukan setiap harinya, 6) mengakrabkan diri dengan guru, misalnya berkunjung ke ruang guru, sesuai dengan penuturan, sehingga jika ada permasalahan guru mudah diselesaikan, 7) faktor pendukung dalam meningkatkan kompetensi sosial guru antara lain: komunikasi yang baik, SDM yang kompeten dan memadai, dan motivasi dari orang tua dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambatnya antara lain: latarbelakang peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya dana, dan sarana prasarana yang kurang memadai. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah harus mempunyai strategi kepemimpinan yang baik, agar komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dalam meningkatkan kompetensi sosial seorang guru.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 09:26 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 09:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7473 |
Actions (login required)
View Item |