Pengembangan Multimedia Berbasis Software untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Universitas Al-Wasliyah (UNIVA) Medan

Maulidiya, Nadhilah (2019) Pengembangan Multimedia Berbasis Software untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Universitas Al-Wasliyah (UNIVA) Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nadhilah Maulidiya.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia berbasis software untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah, serta mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah bahwa peneliti melihat adanya kekurangan materi tentang keterampilan berbicara pada buku Bahasa Arab Kurikulum 2013 tingkat Madrasah Tsanawiyah sehingga guru mata pelajaran Bahasa Arab menemukan kesulitan saat mengajar, buku Bahasa Arab Kurikulum 2013 juga hanya memberikan sedikit gambar sehingga tidak memotivasi munculnya kreatifitas siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengembangan multimedia berbasis software untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah dan mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif serta menggunakan rumus Borg dan Gall. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 59 orang dari siswa kelas 8 yang dibagi peneliti menjadi dua kelompok, yakni kelas uji coba dan kelas bebas. Dimana yang menjadi kelompok uji coba terdiri dari 30 orang siswa kelas VIII Plus “A” dan yang menjadi kelompok bebas adalah 29 orang siswa kelas VIII Plus “C”. yang menjadi instrumen dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Angket, dan 4) Tes. Berdasarkan data yang telah dipaparkan sebelumnya yang merupakan hasil tes dan angket beserta analisisnya, maka hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Langkah-langkah dalam mengembangkan multimedia: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian/lapangan, revisi produk, produksi massal, 2) Dengan melihat hasil angket dari dosen ahli materi dengan nilai 71 atau dengan derajat “istimewa”, dan dari ahli materi dengan nilai 75 dengan derajat “istimewa”, maka multimedia berbasis software untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII madrasah tsanawiyah ini layak untuk digunakan. 4) Sedangkan efektifitas yang diperlihatkan dari hasil tes yang kemudian dianalisis dengan hasil efektif karena nilai dari T hitung lebih besar dari T tabel, maka Multimedia Berbasis Software untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah ini efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbahasa Arab, Materi Ajar, Multimedia, Software
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic (Bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Nov 2019 09:06
Last Modified: 28 Nov 2019 09:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item