Perbedaan kreativitas matematika siswa yang diajar dengan alat peraga dan metode diskusi kelompok di kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak T.A 2017/2018

Khairina, Iin (2018) Perbedaan kreativitas matematika siswa yang diajar dengan alat peraga dan metode diskusi kelompok di kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.IinKhairina.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). kreativitas matematika siswa yang diajar dengan alat peraga, 2). Kreativitas matematika siswa yang diajar dengan metode diskusi kelompok, 3). Ada atau tidak perbedaan kreativitas matematika siswa yang diajar dengan alat peraga dan diskusi kelompok di SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak T.A 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian Kuantiatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 65 siswa, terdiri dari 2 Kelas. Dengan sampel 38 siswa dari kelas VII-A dan 27 siswa dari kelas VII-B. Dengan teknik pengumpulan data tes bentuk uraian berupa pre-test dan post-test dan Dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil Temuan dalam penelitian ini menunjukan : 1) Kreativitas matematika siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode diskusi kelompok pada materi bangun datar, 2) Kreativitas matematika siswa berkemampuan penelaran induktif maupun berkemampuan penelaran deduktif yang diajar dengan menggunakan alat peraga lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan metode diskusi kelompok pada materi bangun datar, 3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan penelaran siswa terhadap kreativitas matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kreativitas matematika siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga lebih baik daripada yang diajar dengan metode diskusi kelompok pada materi bangun datar di kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 05 Hamparan Perak T.A 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:28
Last Modified: 21 Nov 2019 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item